Monday, October 31, 2011

Ciri-ciri Kepemimpinan Yang Demokratis

Ciri-ciri Kepemimpinan Yang Demokratis
Sebagaimana telah disinggung bahwa kepemimpinan adalah suatu aksi atau tindakan. Demikian pula harapan yang dikembangkan agar dapat terlaksana dengan baik, dan menjadi kenyataan tingkah laku dan perbuatan sehari-hari. Memang pada hakikatnya, kepemimpinan yang demokratis menunjukkan ciri-ciri yang tampak jelas dari dalam motivasi yang jujur.
Ciri-ciri kepemimpinan yang demokratis antara lain:
1. Prosesnya meningkatkan kemampuan pribadi dalam usaha menyesuiakan diri, membantu memecahkan permasalahan, menolong untuk memperoleh kepuasan hati, memelihara gerak emosi, dan tumbuh dalam sikap dan tingkah laku yang matang.
2. Kemampuan diukur sesuai dengan apa yang berlaku kepada orang-orang lain.
3. Kepemimpinan itu tumbuh dari tindakan bersama untuk memecahkan permasalahan, dan bukan menjadi hak istimewa seseorang.
4. Kepemimpinan itu datangnya dari jumlah kelompok, dan bukan dari sumber luar. Oleh karena itu amatlah penting menyesuaikan diri dengan anggota kelompok. Jika ternyata seorang pemimpin tidak dapat menyesuaikan dirinya dengan anggota staf atau dengan anggota kelompok, boleh jadi ia akan gagal atau kurang mendapatkan pengakuan sebagai seorang yang berbobot.
5. Kepemimpinan harus dapat memperkembangkan dan meningkatkan daya dan potensi setiap anggota kelompok untuk kebaikan umum.
6. Kepemimpinan harus dapat menyusun peraturan, menjalankan keputusan dan kebijaksanaan lainnya dengan baik.
7. Kepemimpinan harus dapat menbantu anggota kelompok untuk mendapatkan satu consensus.

No comments:

Post a Comment