Sunday, March 20, 2011

Manusia dan Cinta Kasih

Sebagai manusia tentu memiliki rasa cinta dan kasih kepada sesama. Cinta adalah rasa sayang dan rasa mengasihi yang dimiliki oleh manusia, tidak semua manusia bisa mencintai manusia lainnya, tidak setiap manusia bisa mengasihi manusia lainnya, karena hanya manusia yang benar-benar mengasihi seorang yang bisa merasakan arti cinta dan kasih sayang.
Cinta dan Kasih adalah hal yang lumrah yang dirasakkan oleh setiap manusia, karena manusia belum dikatakan sempurna jika belum memiliki rasa cinta dan kasih. Ketika manusia tidak memiliki rasa cinta kasih, manusia tersebut tidak ubahnya seperti robot.

Cinta dibagi kedalam 3 golongan :
1. 1.Cinta Kepada Tuhan
2. 2.Cinta Kepada Orang tua
3. 3.Cinta Kepada Sesama

 Cinta Kepada Tuhan
Kita sebagai Mahluk ciptaan Tuhan, harus bersyukur dan mencintai pencipta kita yang memberikan wujud yang sempurna, karena manusialah makhluk yang diciptakan oleh Allah yang paling sempurna. Kita sebagai manusia telah diberikan akal, pikiran dan nafsu, manusia tidak seperti malaikat yang hanya di berikan akal dan pikiran, tetapi tidak diberikan nafsu dan kita tidak sama dengan hewan yang hanya diberikan nafsu dan akal. Kita adalah makhluk sempurna yang diciptakan lengkap dengan akal, pikiran,dan nafsu yang diberikan oleh Tuhan. Oleh karena itulah kita sebagai manusia harus bersyukur dan mencintai Tuhan yang menciptakan kita secara sempurna.

 Cinta kepada Orang Tua
Kita tidak bisa hidup dan dilahirkan dibumi ini tanpa adanya orang tua. Mereka orang yang paling berjasa dalam hidup kita, bagaimana tidak, ibu yang mengandung kita membawa kita selama 9 bulan lamanya dan beliau tidak pernah mengeluh dengan adanya kita yang terkadang membuat sang ibu mual karna aktifitas kita dirahim beliau. Ketika kita lahir di dunia, disusui nya kita selama kurang lebih 2 tahun, diajarinya dengan penuh kesabaran,di mandikan nya dia dengan penuh perhatian, di didiknya dengan kearifan, kita diajari bagaimana cara berbudi luhur. Ayah yang selalu berharap anaknya lahir sempurna, tampan apabila anaknya lelaki dan cantik jika kelak anaknya perempuan. Ketika kita lahir, maka ayahlah yang meng-adzankan kita untuk pertama kalinya. Oleh karena itulah kita harus mencintai mereka sebagai orang tua kita, jangan ragu untuk membantunya ketika mereka butuh bantuan dan jangan ragu untuk mencintai mereka.

 Cinta kepada Sesama
Tuhan menciptakan ciptaannya secara berpasang-pasangan. Ada yang kaya dan ada miskin, ada tua dan ada muda, ada hitam dan ada putih, ada hujan ada ada panas, ada senang dan ada sedih, dan ada laki-laki dan ada perempuan. Sudah menjadi kodrat bahwa laki-laki mencintai perempuan dan juga sebaliknya, dan tentunya kita juga harus menyayangi sesama mahluk ciptaan Tuhan yang lainnya.

No comments:

Post a Comment